Mudahnya Membuat Bakpia Kue Khas Jogja

Mudahnya Membuat Bakpia Kue Khas Jogja - Bakpia. Nama sebuah makanan. Yupz ketika mendengar kata Bakpia pastinya akan terlitas juga kata Jogja, lebih tepatnya merupakan salah satu oleh-oleh khas Jogja yang sering disebut Bakpia Pathok.

Menurut sejarahnya Bakpia merupakan sebuah makanan yang berisi daging. Makanan ini sangat populer di kalangan Cina atau Tionghoa. Kata Bakpia berasal dari dialek Hokkian yaitu dari kata "bak" yang berarti daging dan "pia" yang berarti kue, yang secara harfiah berarti roti berisikan daging (sumber dari wikipedia: Bakpia).

Nah makanan ini oleh orang Jogja tepatnya orang dari desa Pathok (Pathuk) di modifikasi berubah menjadi kue yang berisi kacang hijau yang dibungkus dengan tepung. Pada perkembangannya Bakpia tidak hanya diberi isian kacang hijau, tapi diisi coklat, keju, kacang hitam dan lain-lain sesuai dengan selera.

Mudahnya Membuat Bakpia Kue Khas Jogja

Berikut ini yang ingin mencoba membuat Bakpia, Masak Lauk akan bagi resep Bakpia kue khas Jogja. Yuk simak lengkapnya:

Bahan Untuk Membuat Kulit Bakpia:
  1. Tepung terigu rendah protein 125 gram.
  2. Tepung terigu tinggi protein 65 gram.
  3. Air 100 ml.
  4. Gula pasir 2 sendok makan.
  5. Garam 1/2 sendok makan
  6. Mminyak sayur 200 ml : Campuran adonan 50 ml dan Rendaman 150 ml
Bahan Untuk Membuat Lapisan Bakpia:
  1. Tepung terigu rendah protein 65 gram.
  2. Minyak sayur 25 ml.
  3. Margarine 1/2 sendok makan.
Bahan Isi Bakpia:
  1. Kacang hijau yang telah dikupas dan direndam 100 gram.
  2. Santan 150 ml.
  3. Garam 1/8 sendok teh.
  4. Daun pandan 1 lembar.
  5. Gula pasir 25 gram.
  6. Gula merah atau gula jawa 50 gram.
  7. Minyak 1 sendok makan.
Cara Membuat Bakpia:
  1. Membuat Isian Bakpia: Tiriskan kacang hijau yang direndam, kemudian kukus selama kurang lebih 20 menit sampai kacang mengembang, lalu tiriskan.
  2. Campur gula pasir, gula merah, garam, santan dan daun pandan, aduk-aduk dan masak hingga mengental rata, tambahkan minyak sebelum api dimatikan. Aduk berlahan hingga adonan tersebut mengental sempurna. Dinginkan dan bentuk bulat-bulat kecil sesuai selera.
  3. Membuat Lapisan Bakpia: Aduk-aduk bahan lapisan Bakpia samapi tercampur sempurna.
  4. Membuat Kulit Bakpia: Panaskan air, masukan gula dan aduk sampai dirasa gula sudah tercampur sempurna dengan air.
  5. Campur terigu dan garam hingga rata sempurna kemudian tuang air gula aduk-aduk hingga menyatu setelah itu tuang minyak sayur sambil diaduk-aduk kembali sampai adonan menyatu. Tips: mengaduk dengan tangan lebih baik.
  6. Ambil adonan yang dicampur tadi secukupnya. Pipihkan, lalu ambil sedikit adonan lapisan, ratakan diatas permukaan adonan sebelumnya hingga rata.
  7. Lipat adonan dan rekatkan ujungnya membentuk bulatan.
  8. Rendam adonan bulat ke dalam minyak yang tersisa selama kurang lebih 15 menit.
  9. Pipihkan adonan agak tipis, lalu isi dengan adonan isian, bentuk bulat pipih.
  10. Panggang adonan yang sudah diisi kedalam oven dengan temperatur 200 derajat celcius sampai matang kira-kira 15-20 menit. Agar warana tidak gosong bolak balik Bakpia sewaktu dipanggang.
  11. Dinginkan Bakpia dan siap dinikmati dengan teh hangat.
Bagaimana, mudah bukan untuk membuat Bakpia? Untuk isi Bakpia dapat disesuiakan dengan selera ibu-ibu. Jajanan ini tentunya bisa menjadi bekal anak ke sekolah dan menjadi jajajnan yang sehat. Tentunya kita tidak mau anak-anak makan jajanan yang mungkin kurang sehat di luar sana kan? nah solusinya ya buat sendiri.

Nah ibu-ibu juga bisa juga membuat Semprit Ketan Hitam yang sudah saya buat pada resep masak kue sebelumnya. Ok sekian dulu resep jajanan sehat kali ini. semoga bermanfaat untuk ibu-ibu semua. See U.
Tag : Resep Kue
Komentar Facebook
0 Komentar untuk "Mudahnya Membuat Bakpia Kue Khas Jogja"

Back To Top